Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1437H

Senin, 6 Juni 2016 09:56:55 - oleh : admin

Bulan puasa telah tiba saatnya mendekatkan diri kepada sang khalik, patut bersyukur awal puasa Ramadhan 2016/1437H tanpa perbedaan baik dari Pemerintah dan Muhammadiyah yaitu dilaksanakan pada hari senin tanggal 6 Juni 2016 meski pada awalnya pemerintah melakukan sidang Isbat terlebih dahulu sebelum menetapkan senin 6 Juni 2016 mulai puasa dan malamnya dilakukan sholat Tarawih. Ada 2 metode perhitungan yang digunakan mayoritas umat islam di indonesia yaitu Hisab hakiki wujudul hilal (perhitungan matematis berdasar posisi geometris benda langit) dan Rukyatul hilal (pengamatan visibilitas hilal secara langsung dengan kasat mata).


Kedua metode tersebut sama saja tetapi yang membedakan adalah penentuan besaran derajat dalam menentukan bulan baru, pada ormas Muhammadiyah besaran berapapun asal di atas 0 derajat sudah di anggap sudah masuk penentuan bulan baru sedangkan NU menetukan setelah 2 derajat. Mungkin bila ada standart penentuan yang lebih rapi umat islam indonesia tidak akan terpecah dalam melaksanakan ibadah, mudah - mudahan kedepannya bisa selalu bersama - sama mulai dari penentuan Puasa, Idul Fitri dan Idul Adha.


 


Supaya tidak telat bangun sahur hendaknya kalian lihat jadwal - jadwal Imsyakiyah kota - kota besar di Jawa (Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya)


1. Imsyak dengan metode Hisab Download


2. Imsyak dengan metode Rukyat Download


 


Semoga bermanfaat

Berita "Berita terkini" Lainnya